Rabu, 04 April 2012

Strategi Belajar Mengajar Bagi Guru

Strategi belajar mengajar adalah suatu cara atau teknik yang digunakan seorang guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Dalam strategi belajar mengajar ini sangat membantu seorang guru dalam proses belajar mengajar. Karena di dalam strategi belajar mengajar ini terdapat cara – cara, media yang dapat mempermudah dalam proses belajar mengajar. Contohnya dalam penyampaian materi.
 
*Komponen Strategi Belajar Mengajar:
1.      Tujuan Pembelajaran
Secara umum kegiatan belajar mengajar harus memiliki tujuan yakni untuk membentuk anak didik dalam suatu perkembangan tertentu, sadar akan tujuan yang ingin dicapai dengan menempatkan peserta didik sebagai suatu pusat perhatian.
2.      Siswa
Siswa atau Murid biasanya digunakan untuk seseorang yang mengikuti suatu program pendidikan di sekolah atau lembaga pendidikan lainnya, di bawah bimbingan seorang atau beberapa guru. Dalam hal ini siswa adalah objek dari proses belajar mengajar.
3.      Guru
Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru sangat berperan penting dalam menciptakan kelas yang komunikatif. Breen dan Candlin dalam Nunan(1989:87) mengatakan bahwa peran guru adalah sebagai fasilitator dalam proses yang komunikatif, bertindak sebagai partisipan, dan yang ketiga bertindak sebagai pengamat.
4.      Materi
Dalam kegiatan belajar, materi harus didesain sedemikian rupa, sehingga cocok untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan komponen-komponen yang lain, terutama komponen anak didik yang merupakan objek dari kegiatan belajat mengajatr itu sendiri. Pemilihan materi harus benar-benar dapat memberikan kecakapan dalam memecahkan suatu permasalah yang sedang dipelajari.
5.      Tempat
Ruang kelas adalah tempat dimana proses belajar mengajar berlangsung.  Suasana yang ada dalam ruang kelas tersebut akan berdampak pada maksimal tidaknya penerapan teknik dan metode mengajar yang diterapkan. Dalam hal mendorong dan meningkatkan keterlibatan siswa, guru bertugas menciptakan suasana yang nyaman di kelas.
6.      Waktu
Alokasi waktu untuk melakukan aktivitas dalam proses belajar mengajar juga menentukan teknik dan metode yang akan diterapkan oleh guru. Menurut Burden dan Byrd (1999: 23), kaitannya dengan waktu yang tersedia, guru perlu melakukan aktivitas yang bervariasi untuk mencapai sasaran pembelajaran serta mendorong motivasi siswa. Guru harus berperan sebagai pengatur waktu yang baik untuk memastikan bahwa setiap siswa mendapat kesempatan yang sama untuk terlibat dalam proses pembelajaran.
7.      Fasilitas
fasilitas belajar adalah semua kebutuhan yang diperlukan oleh peserta didik dalam rangka untuk memudahkan, melancarkan dan menunjang dalam kegiatan belajar di sekolah. Supaya lebih efektif dan efisien yang nantinya peserta didik dapat belajar dengan maksimal dan hasil belajar yang memuaskan. Selain itu fasilitas juga dibutuhkan oleh seorang guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.

0 Komentar:

Poskan Komentar

 
!!!!Ingat pesan BUNG KARNO: JANGAN SEKALI-SEKALI MELUPAKAN SEJARAH!!!!