*Komponen Strategi Belajar Mengajar:
1.
Tujuan
Pembelajaran
Secara umum kegiatan belajar mengajar harus memiliki
tujuan yakni untuk membentuk anak didik dalam suatu perkembangan tertentu,
sadar akan tujuan yang ingin dicapai dengan menempatkan peserta didik sebagai
suatu pusat perhatian.
2.
Siswa
Siswa atau Murid biasanya digunakan untuk seseorang
yang mengikuti suatu program pendidikan di sekolah atau lembaga pendidikan
lainnya, di bawah bimbingan seorang atau beberapa guru. Dalam hal ini siswa
adalah objek dari proses belajar mengajar.
3.
Guru
Guru adalah pendidik dan pengajar pada pendidikan
anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan
pendidikan menengah. Guru sangat berperan penting dalam menciptakan kelas yang
komunikatif. Breen dan Candlin dalam Nunan(1989:87) mengatakan bahwa peran guru
adalah sebagai fasilitator dalam proses yang komunikatif, bertindak sebagai
partisipan, dan yang ketiga bertindak sebagai pengamat.
4.
Materi
Dalam kegiatan belajar, materi harus didesain
sedemikian rupa, sehingga cocok untuk mencapai tujuan dengan memperhatikan
komponen-komponen yang lain, terutama komponen anak didik yang merupakan objek
dari kegiatan belajat mengajatr itu sendiri. Pemilihan materi harus benar-benar
dapat memberikan kecakapan dalam memecahkan suatu permasalah yang sedang
dipelajari.
5.
Tempat
Ruang kelas adalah tempat dimana proses belajar
mengajar berlangsung. Suasana yang ada
dalam ruang kelas tersebut akan berdampak pada maksimal tidaknya penerapan
teknik dan metode mengajar yang diterapkan. Dalam hal mendorong dan
meningkatkan keterlibatan siswa, guru bertugas menciptakan suasana yang nyaman
di kelas.
6.
Waktu
Alokasi waktu untuk melakukan aktivitas dalam proses
belajar mengajar juga menentukan teknik dan metode yang akan diterapkan oleh
guru. Menurut Burden dan Byrd (1999: 23), kaitannya dengan waktu yang tersedia,
guru perlu melakukan aktivitas yang bervariasi untuk mencapai sasaran
pembelajaran serta mendorong motivasi siswa. Guru harus berperan sebagai
pengatur waktu yang baik untuk memastikan bahwa setiap siswa mendapat
kesempatan yang sama untuk terlibat dalam proses pembelajaran.
7.
Fasilitas
fasilitas belajar adalah semua kebutuhan yang
diperlukan oleh peserta didik dalam rangka untuk memudahkan, melancarkan dan
menunjang dalam kegiatan belajar di sekolah. Supaya lebih efektif dan efisien
yang nantinya peserta didik dapat belajar dengan maksimal dan hasil belajar
yang memuaskan. Selain itu fasilitas juga dibutuhkan oleh seorang guru dalam
mencapai tujuan pembelajaran.
0 Komentar:
Posting Komentar