Selasa, 30 April 2013

Manfaat dan Kegunaan Membaca Buku


A.    Pengertian

Buku dapat dikatakan sebagai  jendela dunia. Jika kita mempunyai keingginan untuk berkeliling dunia tanpa harus mengeluarkan biaya pastinya tidak masuk akal, akan tetapi hal tersebut dapat mungkin terjadi bilamana kita mau membaca buku. Ada apa dengan buku? Didalam buku terdapat berbagai jenis karangan dan klasifikasi buku seperti buku pendidikan, majalah, komik, novel, dan sebagainya. Dari berbagai jenis buku tersebut memiliki manfaat-manfaat tertentu sesuai klasifikasinya. Pada saat membaca buku kita akan dibawa kedunia dari tema yang ada dibuku tersebut tanpa harus pergi langsung ke tempat yang dituju.

Buku adalah tumpukan helaian kertas yang memuat banyak informasi. Buku selalu menemani hidup kita, saat belajar di sekolah, rumah bahkan perpustakaan. Membaca buku memiliki banyak manfaat, oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk membaca buku. Manfaat Membaca menurut beberapa pandangan Tokoh-tokoh lintas batas waktu dan lintas dunia.

Author: Inspirasi Posted under: Artikel Profesi guru

The man who does not good books has no advantage over the man who cannot read them.(Mark Twain). Adakah manfaat membaca, sehingga perlu adanya upaya khusus untuk membudayakannya? Pertanyaan filosofis, yang memang harus dijawab.

Adakah manfaat membaca? Kata-kata bijak dari Mark Twain diatas sudah menjelaskan banyak mengenai manfaat membaca. Dengan membaca buku bermutu, seseorang memiliki keunggulan komparatif dibanding orang yang tidak membaca. Selain dengan membaca, orang lebih terbuka cakrawala pemikirannya. Dengan melalui bacaan, seseorang berkesempatan melakukan refleksi dan meditasi, sehingga budaya baca lebih terarah kepada budaya intelektual dari pada budaya hiburan yang dangkal. Karena itu, para pakar menyimpulkan untuk membangun masyarakat yang beradab dan maju, maka budaya baca perlu ditumbuhkan.

Hal yang mendasar  mengapa budaya baca terus menerus dikumandangkan baik oleh pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, tokoh masyarakat, pendidik, agamawan, hingga orang yang peduli pada kemajuan peradaban. Sebagai bahan bacaan utama, buku yang bermutu menjadi sarana belajar yang paling berpengaruh. Seperti dicatat di Ensiklopedia....

"Buku ialah alat komunikasi berjangka waktu panjang dan mungkin sarana komunikasi yang paling berpengaruh pada perkembangan kebudayaan dan peradaban umat manusia. Dalam buku dipusatkan dan dikumpulkan hasil pemikiran dan pengalaman manusia daripada sarana komunikasi lainnya. Sebagai alat pendidikan, buku berpengaruh pada anak didik daripada sarana-sarana lainnya"(Ensiklopedia Indonesia, Hal.538-539)

Dalam proses transformasi ilmu pengetahuan dan teknologi, membaca menjadi keterampilan membaca secara kritis dan menjadi modal dasar untuk menganalisis, mengevaluasi, dan mneyitesekan bahan bacaan. dengan membaca, pemikiran terbuka untuk melihat antarhubungan ide-ide dan menggunakannya sebagai salah satu tujuan dari membaca.

Adapun hal ada beberapa pengalaman tokoh lintas bangsa dan lintas waktu. masing-masing memberikan tekanan, betapa membaca menjadi keharusan untuk membangun tidak saja habitus yang lebih beradab, tapi juga keunggulan bersaing diberbagai bidang.

Menurut Alvin toffler... "...The illiterate of the future will not be the person who cannot read. It will be a person who does not know how to learn." Artinya Dimasa yang akan datang, orang yang buta huruf bukan semata-mata orang yang tidak dapat membaca. yang paling celaka, dia akan menjadi orang yang tidak tahu bagaimana caranya belajar.

Dari pendapat diatas, menyatakan bahwa betapa pentingnya membaca, meskipun orang buta sangat perlu yang dinamakannya membaca, meski kedua mata tak digunakan namun indera mereka ada untuk digunakan dalam mencerna, apabila dari sekian ratus penduduk indonesia yang mengalami kecacatan dari kedua mata namun tidak diajarkan untuk membaca maka akan sesuai dengan pernyataan yang dikemukan diatas.



B.     Manfaat dan Kegunaan Membaca Buku

Berikut 6 manfaat dan kegunaan membaca buku:

1.      Menambah Kosakata

Membaca membantu kita untuk belajar kata-kata baru, bukan hanya sinonim untuk kata-kata dan konsep yang sudah kita ketahui, tetapi juga kata-kata yang mungkin belum kita ketahui dan pahami. Dengan penguasaan kosakata yang lebih banyak, kita akan mendapatkan nilai lebih dalam berkomunikasi, entah itu dengan teman, guru, atau bahkan dalam wawancara kerja. Mereka akan memandang bahwa kita mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas.

2.      Melatih Otak

Ketika membaca buku, konsentrasi dan pemahaman yang diperlukan dapat menembakkan synapses di otak kita. Terlebih lagi, membaca adalah proses kerja otak yang memaksa kita untuk berpikir dibandingkan dengan menonton televisi di mana kita hanya duduk dan mengambil semuanya masuk ke dalam otak kita. Dan banyak penelitian mengungkap bahwa orang tua yang terus menjaga pikiran mereka tajam akan mengurangi resiko perkembangan penyakit Alzheimer dan bentuk penyakit lainnya.

3.      Memperluas Pengetahuan Anda

Membaca suatu topik yang mungkin asing bagi Anda seperti drama hukum, petualangan dengan fisikawan sebagai protagonis, atau thriller militer dapat membuka pikiran kita tentang segala macam ide-ide baru. Topik-topik tersebut juga membuka pemahaman atau bahkan mengubah sudut pandang kita. Tak jarang buku-buku memuat informasi, misalnya saja majalah. Dengan membaca majalah kita bisa mengetahui informasi ter-update, sebeb dalam majalah banyak memuat informasi berupa informasi selebriti, informasi harga produk, informasi lomba, dan lain-lain.

4.      Mengurangi Stres

Ketika hari-hari kita dipenuhi oleh tekanan pekerjaan, membaca buku mungkin bisa jadi pilihan yang baik. Pilihlah buku dengan topik yang ringan dan kita sukai. Meluangkan beberapa menit untuk membaca buku mempunyai manfaat bagi kesehatan mental. Membaca adalah kegiatan yang dapat kita lakukan sesuai kecepatan kita sendiri, dan kita tahu kapan harus berhenti dan kapan untuk memulai kembali. Selain buku pendidikan, majalah, buku biograf, banyak juga diciptakan buku hiburan seperti komik dan novel. Biasanya dalam buku ini berisi cerita fiksi (tidak nyata). Jadi kita bisa membaca buku ini diwaktu senggang sehingga kita bisa merasa lebih terhibur

5.      Mengembangkan Imajinasi

Seorang penulis yang baik akan mampu melukiskan gambar karakter yang kuat dalam tulisannya, jalan cerita dan adegan, tetapi mereka hanya dapat melakukannya sebatas itu, sisanya terserah imajinasi kita. Di TV dan film semuanya diberikan kepada kita dengan jelas, tetapi dengan membaca buku, kita bebas menggambarkan karakter sesuai keinginan kita. Membaca juga mendorong imajinasi aktif, baik itu pada orang dewasa maupun anak-anak.

6.      Mendapat motivasi untuk mencapai cita-cita

Saat  ini banyak diciptakan buku-buku biografi orang-orang sukses. Jadi jika kita membaca buku seperti buku biografi seseorang yang sukses kita bisa termotivasi untuk mencapai cita-cita. Sebab dalam buku tersebut bisanya berisi tentang perjalanan hidup dan perjuangan orang tersebut hingga menjadi sukses. Dari sebuah biografi tokoh yang kita baca dapat merangsang kita untuk kita meniru apa yang dilakukan tokoh tersebut dalam mewujudkan cita-cita mereka.







Sumber:


ANNEAHIRA.COM.


0 Komentar:

Poskan Komentar

 
!!!!Ingat pesan BUNG KARNO: JANGAN SEKALI-SEKALI MELUPAKAN SEJARAH!!!!